Sunday 1 March 2015

7 Makanan Sumber Antioksidan Alami

Antioksidan adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Ini dikarenakan, salah satu peran mutlak antioksidan yaitu mencegah kerusakan sel yang dikarenakan oleh radikal leluasa yang bisa masuk ke tubuh seseorang. Radikal leluasa yang bercampur oksigen yang kami hirup bisa menjadi pemicu beberapa tipe kanker. Beberapa makanan sehat memang bisa menangkal radikal bebas. Lalu, apa saja makanan sehat yang mempunyai sumber antioksidan yang alamiah tersebut...???.


    Sahabat, trik kesehatan. Udara yang bersih dan leluasa dari polusi rasanya telah sangat susah didapatkan terutama didaerah perkotaan. Ini mungkin dikarenakan tak lebih memadainya taman kota plus terus tak sedikitnya sepeda motor dan mobil yang menciptakan polusi melewati asap yang dikeluarkannya. Faktor inilah yang menjadi salah satu pemicu udara yang kami hirup terkontaminasi (tercampur) beberapa radikal bebas. Nutrisi antioksidan sangat diperlukan untuk melawan beberapa radikal leluasa yang masuk tubuh. Berikut ini 7 makanan segar sebagai sumber antioksidan alamiah :

  1. Tomat. Buah yang mempunyai ciri fisik bulat dan bewarna merah ini nyatanya sangat manjur untuk  menangkal radikal leluasa yang masuk ke tubuh. Ini dikarenakan, tomat mempunyai kandungan lycopene yang lumayan tinggi. Manfaat lycopene yang mutlak yaitu sebagai zat antikanker.
  2. Bawang Putih. Salah satu bumbu dapur ini mempunyai kandungan nutrisi yang terbilang lengkap semacam vitamin A, B, C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng dan magnesium. Beberapa nutrisi inilah yang menjadikan bawang putih sebagai sumber antioksidan penangkal radikal bebas.
  3. Teh Hijau. Suka minum teh...???. Teh terutama teh hijau nyatanya juga sangat keren untuk menangkal radikal bebas. Ini dikarenakan, teh hijau mengandung sumber catechin polyphenol yang memang manjur mencegah kanker. Sangat disarankan untuk minum 3 (tiga) cangkir teh hijau setiap hari.
  4. Brokoli. Salah satu sayuran sumber antioksidan yang alamiah adalah brokoli. Sayuran ini mengandung sulforaphane yang bermanfaat memerangi beberapa tipe kanker yang bisa mengancam jiwa seseorang. Oleh sebab itulah, sangat disarankan untuk mulai menghidangkan sayuran brokoli kedalam meja makan anda.
  5. Stroberi. Buah stroberi...???. Ya, buah stroberi nyatanya  mempunyai beberapa kandungan nutrisi semacam protein, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, folat dan vitamin A. Berbgai nutrisi inilah yang menjadikan stroberi sumber antioksidan yang diperlukan oleh tubuh anda.
  6. Bayam. Inilah salah satu makanan hobi "Popeye".  Faktanya, bayam mempunyai kandungan nutrisi semacam sumber vitamin A, vitamin K, mangan, folat, kalsium plus protein dan flavonoid. Nutrisi-nutrisi inilah yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.
  7. Wortel. Inilah satu makanan sehat yang juga di sukai oleh kelinci. Salah satu keunggulan wortel yaitu sayuran ini mempunyai kandungan falcarinol plus falcarindiol yang bermanfaat sebagai nutrisi antikanker dan penangkal radikal bebas. Jadi, makanan sehat yang mana yang paling kamu sukai untuk memerangi radikal leluasa tersebut....???.

     Semoga trik kesehatan yang menjelaskan 7 makanan segar sebagai sumber antioksidan yang alamiah bisa berguna bagi pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment